Mahasiswa Unikom
Blog Universitas Komputer Indonesia

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Secara Lengkap

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Secara Lengkap
Halo para sahabat Unikom. kali Aku mau memberikan informasi tentang Pengertian Puisi Menurut Para Ahli dan Definisi Lengkapnya.
 
Puisi adalah termasuk kedalam ilmu karya sastra. Dan Jika Kamu masuk ke jurusan sastra, mungkin Kamu bisa menjumpai pelajaran puisi disana.
 
Puisi (bahasa inggris: Poem, poetry) merupakan karya sastra, yang penulisan dan gaya bahasanya telah diatur sesuai aturan dalam pembuatan puisi. Aturan pembuatan puisi itu meliputi: cara penulisan, gaya bahasa, irama, rima, larik, dan bait. 
 
Walaupun penulisan puisi kontemporer (puisi gaya baru) tidak harus mengikuti aturan. Namun lebih etis dan lebih terlihat estetika jika sebuah puisi tersebut mengituti aturan tersebut. Hal ini bertujuan agar sebuah puisi terlihat seperti puisi, dan dapat membedakan karya puisi tersebut dengan karya tulis lainnya seperti: prosa, cerpen, novel, dll.
 
Pengertian puisi menurut wikipedia : Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. Penulisan puisi dilakukan dengan bahasa yang cermat dan pilihan kata yang tepat, sehingga meningkatkan kesadaran orang akan pengalaman dan memberikan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan pemaknaan khusus.
 
Pengertian puisi menurut KBBI : ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait; 2 gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.
 
Pengertian Puisi menurutHerman J. Waluyo : puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi rima dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif). (Waluyo, 2002:1)
 
Pengertian Puisi menurut Watt-Dunton : puisi adalah ekpresi kongkret yang bersifat artistik dari pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama. (Watt-Dunton dalam Situmorang, 1980).
 
Pengertian Puisi menurit Aisyah : Puisi merupakan hasil penafsiran penyair terhadap kehidupan (Aisyah, 2007:2).
 
Pengertian Puisi menurut Suroto : puisi adalah karangan yang singkat, padat, pekat. (Suroto, 1989: 40)
 
Pengertian Puisi menurut Pradopo : puisi adalah rekaman dan interpretasi dari berbagai pengalaman manusia yang penting, digubah dalam bentuk atau wujud yang paling berkesan. (Pradopo, 1995)
 
Pengertian Puisi menurut Herbert Spencer : Puisi adalah salah satu bentuk pengungkapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan keindahan dan efek estetis lainnya.
 
Pengertian Puisi menurut Dunton : Puisi adalah pemikiran manusia secara konkret namun artistik dalam bahasa yang berirama atau berima seperti musik.
 
Pengertian Puisi menurut Samuel Taylor Coleridge : puisi adalah kata-kata terindah dalam susunan yang terindah pula.
 
Pengertian Puisi menurut Menurut Aminuddin (2009:134) : kata puisi berasal dari bahasa Yunani pocima “membuat” atau poeisis “pembuatan”. Puisi diartikan “membuat” dan “pembuatan” karena lewat puisi pada dasarnya seseorang telah menciptakan suatu dunia tersendiri, yang mungkin berisi pesan atau gambaran suasana-suasana tertentu, baik fisik maupun batiniah.
 
Pengertian Puisi menurut Hudson : Puisi adalah salah satu cabang sastra yang menggunakan kata-kata sebagai media penyampaian untuk membuahkan ilusi dan imajinasi, seperti halnya lukisan yang menggunakan garis dan warna dalam menggambarkan gagasan pelukisnya.
 
Pengertian Puisi menurut Ratih Mihardja (2012:18) ″Puisi adalah seni tertulis dimana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya″.
 
Pengertian Puisi menurut Hasanuddin (2002:5) : Puisi adalah pernyataan perasaan yang imajinatif penyair yang masih abstrak dikonkretkan, untuk mengkonkretkan peristiwa-peristiwa yang telah ada di dalam fikiran dan perasaan penyair, dan puisi merupakan sarananya.
 
Pengertian Puisi menurut Semi (1988:84) Puisi dapat diumpamakan sebagai suatu pernyataan yang menyenangkan yang muncul dari suatu kemampuan, penyairnya melihat sesuatu secara antusias dengan jurus yang tepat. Penyair mempertimbangkan secara matang apa yang dilihatnya, kemudian mengungkapkan hasil penglihatannya tanpa terlalu berkecendrungan untuk mempermasalahkannya. 
 
Nah diatas adalah penjelasan dan definisi puisi menurut berbagai sumber yang dipercaya sebagai ahlinya dalam masalah puisi. Sedangkan untuk contoh puisi, Kamu bisa melihatnya di https://www.puisi.biz.id/
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 28 Mei 21 - 20:46 WIB
Dibaca sebanyak : 91 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback