Mahasiswa Unikom
Blog Universitas Komputer Indonesia

Beberapa Istilah Kata Dalam Dunia Anime Dan Manga Yang Mungkin Tidak Kamu ketahui

Beberapa Istilah Kata Dalam Dunia Anime Dan Manga Yang Mungkin Tidak Kamu ketahui
Halo kawan, kali ini aku mau menusis sebuah artikel di blog mahasiswa unikom, yang berjudul Beberapa Istilah Kata Dalam Dunia Anime Dan Manga Yang Mungkin Tidak Kamu ketahui. Artikel ini pastinya sangat menarik bagi para penggemar budaya jepang. Kalaupun Kamu bukan orang yang suka terhadap hal hal yang berbau jejepangan, gak papa kok, Kamu tetep boleh membaca arikel ini, toh nantinya Kamu akan dapat pengetahuan baru.
 
Istilah istilah kata dalam bahasa jepang ini mungkin Kamu pernah dengar, tapi kamu mungkin tidak mengerti artinya. Oleh sebab itu Saya akan mengartikan istilah-istilah kata dalam dunia anime dan manga lewat blog mahasiswa unikom ini.
 
 
1
 
Manga
Manga dalam bahasa Jepang memiliki arti sebagai "komik", namun orang luar Jepang sering menyebut Manga sebagai Komik yang dibuat oleh negara Jepang saja.
 
Mangaka
Kata Mangaka artinya adalah "komikus", sebutan untuk orang yang membuat manga.
 
Doujinshi
Doujinshi adalah sebutan untuk komik yang dibuat oleh para fans yang menggunakan tokoh karakter dari manga yang sudah terbit dan populer, namun cerita dimodifikasi seolah-olah menjadi karangan sendiri.
 
Anime
Kata Anime digunakan oleh orang Jepang untuk menyebut film animasi. Sedangkan kalau orang luar Jepang sering menyebut Anime sebagai animasi yang dibuat dan diproduksi oleh negara Jepang.
 
Seiyuu
Seiyuu sebutan untuk orang yang berprofesi sebagai "dubber" atau "pengisi suara".
 
Cosplay
Cosplay adalah singkatan dari kata "Costum Play", sebutan untuk orang-orang yang berpakaian menyerupai karakter anime/manga atau bahkan karakter dalam suatu game.
 
Cosplayer
Jika cosplay memiliki artian berdandan ala anime/manga/karakter game, maka Cosplayer digunakan untuk menyebut orang yang melakukan cosplay tersebut.
 
Otaku
Otaku adalah sebutan untuk orang-orang yang benar-benar menekuni hobinya secara fanatic (berlebihan). misal : Otaku Game, Otaku Anime, dll
 
Fan service
Fan service adalah istilah untuk menghadirkan/membuat daya tarik yang disukai oleh para fans namun tidak berhubungan dengan jalan cerita anime/manga. Misalnya, khusus untuk fans cowok, biasanya akan diberi fans service berupa cewek-cewek yang berpakaian seksi. Sedangkan kalau untuk fans cewek biasanya akan diberi fan service berupa karakter cowok bishounen (berwajah cakep dan keren)
 
Fan fic
Fan Fic merupakan singkatan dari kata Fan Fiction, adalah cerita yang dikarang oleh fans menggunakan karakter-karakter manga/anime yang sudah ada dan telah dimodifikasi jalan ceritanya. Mirip seperti istilah doujinshi, bedanya adalah Fan Fic berbentuk tulisan, sedangakan doujinshi berbentuk komik.
 
Fan art
Fan art ialah gambar kreasi dari karakter manga atau anime. Bisa juga sebagai gambar karakter dari yang dihasilkan oleh para fans
 
Chibi
Chibi adalah singkatan dari kata "Child Body" yang artinya "Tubuh anak-anak". Chibi merupakan istilah untuk menyebut karakter anime yang digambar dengan wajah/tubuh/penampilan yang "kawaii" (imut) atau mirip seperti anak-anak. 
 
Live Action
Live Action sebutan untuk film yang dibuat/diadaptasi berdasarkan dari anime atau manga.
 
OVA
OVA (Original Video Animation) atau disebut juga dengan OAV (Original Animated Video), yaitu anime yang langsung dirilis dalam bentuk video, tanpa didahului penanyangan dibioskop atau televisi terlebih dahulu.
 
Nijikon
adalah singkatan dari “Nijigen komperekkusu” (nijigen complex). Suatu istilah untuk menyebut seseorang yang terobsesi pada model karakter 2 dimensi, lebih suka sama 2 dimensi daripada obyek 3 dimensi (manusia).
 
Hikkikomori
Merupakan istilah dalam bahasa Jepang untuk menyebut orang-orang yang mengurung diri dari dunia luar dan biasanya Mereka hanya berdiam diri dikamar. Aktivitas para hikkikomori adalah bermain game atau menonton anime seharian.
 
Weeaboo
Hampir mirip dengan Otaku namun memiliki pandangan yang negatif, Weaboo atau Weeaboo adalah seseorang yang sangat amat terobsesi dengan budaya Jepang, dan mereka cenderung untuk bertingkah laku seperti orang Jepang, padahal mereka bukanlah orang Jepang, bukan lahir di Jepang dan bukan juga warga negara Jepang. Orang Indonesia sering menyebut Mereka sebagai WIBU.
 
Tokusatsu
Istilah yang memiliki arti "spesial efek". digunakan untuk menyebut efek didalam film-film yang memiliki spesial efek, contohnya kamen rider, dll.
 
Tankoubon
Tankoubon adalah istilah yang digunakan untuk buku manga yang terdapat beberapa chapter didalamnya, dijepang sebelum dibuat buku komik manga diterbitkan hanya perchapter saja yang diterbitkan dimajalah-majalah kumpulan manga seperti Shounen Jump.
 
Shotacon
Shotacon adalah akronim kata dari (Shoutaro Komperekkusu), istilah dalam bahasa jepang yang menggambarkan ketertarikan pada anak lelaki yang jauh lebih muda. Mungkin jika di Indonesia bisa diartikan sebagai "Brondong".
 
Nah itulah beberapa istilah yang terdapat dalam bahasa Jepang. Nah Aku sebagai mahasiswa unikom mau menambahkan istilah istilah lain yang masih berhubungan erat dengan yang sudah saya bahas diatas.
 
Sinopsis Anime
istilah untuk menyebut cerita anime yang disingkat dan mengambil garis besar ceritanya. Membaca sinosis anime berguna untukmengetahui jalan cerita suatu anime. contohnya situs www.animeterbaik.org
 
Streaming Anime
istilah untuk menyebut kegiatan menonton media video anime secara streaming internet. Streaming anime membutuhkan jaringan internet yang mumpuni agar tidak buffering saat streaming.
 
Download Anime
istilah untuk menyebut kegiatan mengunduh video anime di internet lewat situs-situs penyedia download anime. Download anime memerlukan jaringan internet yang stabil agar unduhan tidak terputus.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 09 Juni 20 - 20:09 WIB
Dibaca sebanyak : 188 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback